We Trust in Mourinho and Roman Abramovich

We Trust in Mourinho and Roman Abramovich

Minggu, 09 Desember 2012

Perserta Piala Dunia Antar Club

PESERTA PIALA DUNIA ANTARKLUB FIFA 2012 

Di bawah ini adalah kisah singkat para kontestan Piala Dunia Antarklub 2012.

AFC: ULSAN HYUNDAI (KORSEL)

Ulsan Hyundai lolos ke Piala Dunia Antarklub dengan jubah juara Liga Champions Asia. Dalam final 10 November lalu, Lee Keun-ho dan kawan-kawan menghempaskan Al-Ahli 3-0. Skuad Kim Hogon ini, sebagai wakil AFC, langsung beredar di perempat-final pada 9
Desember ini dan jumpa wakil zona Concacaf, Monterrey (Meksiko). Ini laga menarik karena Keun-ho, bomber Ulsan Hyundia yang juga Pemain Terbaik Asia 2012 itu hapal betul atmosfir di Jepang ketika dia pernah tiga musim menjalani karirnya di Negeri Matahari Terbit.

CAF: AL-AHLY (MESIR)

Al-Ahly, wakil CAF, merebut gelar Liga Champions Afrika setelah dalam final mengalahkan klub besar dengan reputasi besar dari Tunisia, Esperance dengan skor 2-1 (agregat 3-2). Ditukangi Hossam El Badry, pelatih ini dikenal sensasional. Termasuk di final versus Esperance, ketika dia membangku-cadan­gkan gelandang veteran Mohamed Aboutrika dan memilih memainkan El-Sayed Hamdi sejak awal. Hamdi kemudian membayar kepercayaan Hossam dengan satu gol vitalnya dalam partai pamungkas tersebut. Di perempat-final 9 Desember ini, Al-Ahly akan bertarung melawan pemenang play-off: Auckland City vs Sanfrecce Hiroshima.

UEFA: CHELSEA (INGGRIS)

Chelsea lolos ke Jepang dengan jubah jawara Liga Champions Eropa, gelar yang mereka dapatkan lewat tangan dingin Roberto Di Matteo. Dalam partai puncak yang dramatis, The Blues menjungkalkan Bayern Munich. Tiga minggu sebelum Chelsea bertolak ke Tokyo, Matteo kemudian dipecat dan kursi panas itu diduduki Rafael Benitez. Ironisnya, pelatih Spanyol itu belum juga bisa menyodorkan hasil positif untuk sang boss, Roman Abramovich. Rafa sendiri, dua tahun lalu, ketika Piala Dunia Antarklub dimainkan di Uni Emirat Arab, membawa Inter Milan menjadi juara. Chelsea langsung ke semifinal dan skuad Rafa menanti pemenang Ulsan Hyundai vs Monterrey.

CONCACAF: MONTERREY (MEKSIKO)

Monterrey, tiga kali juara Liga Meksiko dalam sembilan tahun terakhir, menjadi wakil Concacaf dengan mahkota Liga Champions. Dan itu beruntun. Los Rayados, julukan Monterrey, dibesut pelatih sukses di Meksiko saat ini, Victor Manuel Vucetich. Victor juga yang punya peran sentral melambungkan prestasi Monterrey belakangan ini. Monterrey langsung ke perempat-final dan mereka akan bertarung ekstra ketat kontra wakil Asia, Ulsan Hyundai (Korea Selatan) pada 9 Desember ini. Jika menang, mereka sudah ditunggu Chelsea. Rame..

OFC: AUCKLAND CITY (SELANDIA BARU)

Ini raksasa dari Selandia Baru: Auckland City, tim yang dua kali beruntun menjadi wakil OFC di Piala Dunia Antarklub. Memenangkan Oceania League (O-League) empat kali dalam tujuh tahun terakhir menjelaskan Auckland City sangat dominan di kawasannya. Dalam final O-League, Auckland City mengalahkan juara Tahiti, AS Tefana—tim dari Polynesia yang kali pertama menembus final dalam enam tahun terakhir. Di Jepang, Auckland City harus beredar dulu di play-off, kontra wakil tuan rumah, jawara J-League: Sanfrecce Hiroshima. Partai ini dimainkan di Yokohama pada 6 Desember ini.

CONMEBOL: CORINTHIANS (BRASIL)

Ini raksasa Brasil yang untuk pertama kali menjuarai Copa Libertadores. Dalam final leg kedua Juli lalu, Emerson dan kawan-kawan membekuk raksasa Argentina, Boca Juniors 2-0 di Pacaembu, hasil yang membuat kota Sao Paulo ingar-bingar dengan pesta kemenangan. Final leg-1 di La Bambonera, Buenos Aires, kedua tim bermain imbang 1-1. Corinthians langsung berlaga di semifinal Piala Dunia Antarklub pada 12 Desember ini. Lawan mereka adalah pemenang (Sanfrecce vs Auckland) vs Al-Ahly. Menarik kita nantikan sepakterjang Corinthians.

TUAN RUMAH: SANFRECCE HIROSHIMA (JEPANG)

Jepang punya satu jatah di Piala Dunia Antarklub. Wakilnya adalah juara Liga Jepang: Sanfrecce Hiroshima. Ini gelar pertama buat Sanfrecce dalam sejarah mereka, gelar yang didapatkan secara dramatis: hanya unggul satu point dari Vegalta Sendai. Kemenangan 4-1 atas Cerezo Osaka di Hiroshima Big Arch dan kekalahan 0-1 Sendai atas Albirex Niigata, mengantarkan Sanfrecce merebut tropi pertama mereka. Ada dua pemain timnas Jepang di Sanfrecce: Hisato Sato dan kiper Shusaku Nishikawa. Mereka harus lebih dulu melewati play-off, jumpa Auckland City, 6 Desember ini di Hiroshima.

JADWAL PERTANDINGAN

Play-Off
• 6/12: Sanfrecce vs Auckland City (Match-1)
Perempat-Final
• 9/12: Ulsan Hyundai vs Monterrey (Match 2)
• 9/12: Pemenang Match-1 vs Al-Ahly (Match-3)
Perebutan Posisi ke-5
• 12/12: Kalah Match-2 vs Kalah Match-3 (Match-4)
Semi-Final
• 12/12: Pemenang Match-3 vs Corinthians (Match-5)
• 13/12: Pemenang Match-2 vs Chelsea (Match-6)
Perebutan Posisi ke-3
• 16/12: Kalah Match-5 vs Kalah Match-6 (Match-7)
Final
• 16/12: Pemenang Match-5 vs Pemenang Match-6

DAFTAR JUARA

2012: ??? * Admin Think Is Chelsea FC :D
2011: BARCELONA vs Santos 4-0
2010: INTER MILAN vs TP Mazembe 3-0
2009: BARCELONA vs Estudiantes 2-1
2008: MANCHESTER UNITED vs LDU Quito 1-0
2007: AC MILAN vs Boca Juniors 4-2
2006: INTERNACIONAL vs Barcelona 1-0
2005: SAO PAULO vs Liverpool 1-0

Tidak ada komentar: